Soal Latihan 9 Bahasa Arab
1. Huruf hijaiyah yang ke-9
adalah...
a. ذ
b. ر
c. ز
d. س
2. Huruf hijaiyah ada...
- 28
- 29
- 30
- 31
3. Perhatikan percakapan di
bawah ini !
السلا م عليكم
|
:
|
مرفعه
|
و عليكم السلا م
|
:
|
خديجه
|
اسمي مرفعه , و .......
|
:
|
مرفعه
|
اسمي خديجه
|
:
|
خديجه
|
Kata yang
tepat untuk melengkapi percakapan di atas adalah…..
a. أنت ما اسمك
b. أنت ما اسمك
c. أنت ما اسمك
d. أنت ما اسمك
4. Apabila dalam sebuah kalimat
muannats terdapat tanda lam ta’rif ,
maka isim tersebut termasuk dalam isim...
- isim ma’rifah
- isim naskiroh
- isim dhomir
- isim mudlaf
5. الاسم dalam bahasa
arab bila dilihat dari jenisnya dapat dikelompokkan menjadi 2 yakni...
- mudzakar dan maunnats
- ma’rifah dan naskiroh
- mudlaf dan mudlaf ilaih
- tunggal, mutsanna dan jamak
6. Dalam sebuah kalimat
mubtada’ khabar, biasanya mubtada’ berada pada...
- akhir kalimat
- awal kalimat
- awal dan akhir kalimat
- tengah kalimat
7. Dalam sebuah kalimat
mubtada’ khabar, biasanya khabar berada pada.....
- awal dan akhir kalimat
- awal kalimat
- akhir kalimat
- tengah kalimat
8. Isim yang ketika berdiri
sendiri (tidak terdapat dalam kalimat/jumlah) tidak menunjukkan makna tertentu
disebut...
- isim marfu’
- isim mudlaf
- isim ma’rifat
- isim naskirah
9. Dalam kalimat ada isim yang
tidak sehat, hal itu sering ditandai adanya....
- huruf , و, ي أ
- huruf ن, أ, ب
- huruf و, ن, ي
- huruf ل, ت, و
Perhatikan wacana di bawah ini untuk menjawab pertanyaan nomor 10 dan 11 !
التعارف
خا لد طا لب. جديد في
المدرسة الثا نو ية الاسلا مية الحكمية. له صديق اسمه خليل. حكيمة طا لبة في
المدرسة الثا نوية الاسلا مية الحكومية أيضا. لها صديقة اسمها خديجة.
10.
من خلد ؟
a. خالد له صديق
b. في المدرسة
c. له صد يق اسمه
d. خا لد طالب
11.
من أين تخر جت حكيمة ؟
a. طا لبة في المدرسة
b. لسمه خليل
c. خا لد طا لب
d. له صديق
12. Dalam ’adad ma’dud bentuk
bilangan satu dan dua menggunakan pola na’at dan man’ut yang menyesuaikan
bentuk bendanya dalam hal mudzakar muannats, maka bila 7 kitab ditulis dalam
bahasa arab....
a. كتاب واحد
b. واحدكتاب
c. خمسنا كتاب
d. سبع كتاب
13. Dalam ’adad ma’dud bentuk
bilangan satu dan dua menggunakan pola na’at dan man’ut yang menyesuaikan
bentuk bendanya dalam hal mudzakar muannats, maka bila 3 sekolah ditulis dalam
bahasa arab....
a. ثلث مدراسة
b. ثلث مسلمة
c. ثلاثة مدراسة
d. ثلثة مدراسة
14. Dalam ’adad ma’dud bentuk
bilangan 1 – 10 yang apabila bilangan itu ditulis sebelum kata benda. ’Adad
tidak boleh tanwin, isim ma’dud yang berbentuk jamak atau majrur. Maka bila 15
buku tulis dapat ditulis dalam bahasa arab....
a. كراستان خمسة أشر
b. خمسة أشر كراستان
c. خمسة كراستا ن
d. ستة كرا ستا ن
15. Fi’il dan fa’il secara
bahasa sama artinya yakni pelaku dalam kalimat. Namun ada perbedaan yang sangat
jelas antara keduanya yaitu....
- fi’il dikatakan sebagai pelaku hanya bila ada maf’ul bih yang mengikuti kalimat dibelakangnya sedangkan fa’il tidak
- fa’il tidak dapat ditempatkan pada kalimat jumlah sedangkan fi’il bisa
- fi’il dapat ditempatkan hanya pada kalimat/kata kerja sedangkan fa’il ada bila ada kata benda
- fi’il pelaku dalam kata kerja sedangkan fa’il kata benda
Posting Komentar